Jual Airsoft Gun



February 2017
M T W T F S S
« Jan    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728  

Recent Posts

Kenali Ford Ranger Milik Korps Marinir Lebih Dekat

16265670_1346164452107485_408535539058126759_nBeragam kendaraan yang dimiliki pasukan Taifib (Intai Amfibi) dari Korps Marinir TNI Angkatan Laut tentu bukan kendaraan yang asing lagi. Salah satunya adalah Ford Ranger yang masuk dalam kategori kendaraan four wheel drive. Ditambah lagi, kendaraan yang memiliki kemampuan beradu di medan berat tersebut kerap dijumpai muncul di jalan raya kota.

Kelebihan dari Ford Ranger tersebut tentu terletak pada kelengkapanya yang tidak dimiliki kendaraan serupa. Kendaraan berwarna hitam itu telah cukup ganas dengan plat baja, footstep, dan roll bar anti peluru serta mounting plus shield yang menjadi bagian dari SMB (senapan mesin berat).

Dengan tambahan kelengkapan itu pun Ford Ranger dimodifikasi layaknya rantis (kendaraaan taktis) serbu. Penampilannya di hadapan publik kali pertama muncul pada pertengahan tahun 2016 lalu di Ksatriaan Marinir Cilandak. Hal paling menonjol dari rantis Ford Ranger ini jika dibandingkan dengan Ford Ranger yang lain terletak pada adanya perangkat winch yang berada di bagian bumper depan.

Tak hanya itu, plat baja anti peluru yang melengkapinya juga menjadi ciri khas tersendiri. Pasalnya, rantis Ford Ranger milik Taifib ini belum terkategorikan sebagai kendaraan lapis baja. Keberadaan plat baja anti peluru tersebut ditujukan untuk melindungi area di sekitar kaca pengemudi.

Plat baja serupa juga dipasang di sebelah kanan dan kiri kendaraaan dengan tujuan memberikan perlindungan pada pasukan yang berdiri di pijakan kaki (footstep) di bagian luar pintu. Meski tidak maksimal, namun perlindungan itu cukup membantu. Dan keterbatasan perlindungan itupun menjadikan Ford Ranger milik Korps Marinir AL ini efektif untuk PJD (peperangan jarak dekat).

Kendati status fungsinya sama dengan rantis milik Raider pasukan TNI Angkatan Darat yakni untuk PJD, senjata yang dipasang pada keduanya berbeda. Pasukan Raider TNI AD memilih SMB (senapan mesin berat) CIS 50MG yang berkaliber 12,7 mm. Sementara Ford Ranger dibekali dengan senapan runduk Denel NTW-20 yang kalibernya dapat diubah-ubah dari kaliber 12,7 mm, 14,5 mm, hingga 20 mm.

Dimensi Ford Ranger adalah 5,2 m x 1,9 m x 1,8 m. Dengan dimensi tersebut, kekuatan derek bebannya pun mencapai 3,5 ton dengan tetap dapat dikendalikan dengan baik ketika menjelajahi medan berbatu. Ground clearance-nya pun mendukung hal serupa ditambah pula dengan keoptimalan dukungan suspensi.

Sistem suspensi yang diterapkan pada bagian depan telah berteknologi Independent Double Wishbone yang berguna sebagai stabilizer untuk meredam adanya getaran. Sementara untuk susupensi belakangnya telah berteknologi Leaf Spring dan Rigid Axle dengan fungsi yang sama dengan suspensi belakang.

Dan untuk mesin, Ford Ranger telah mengadopsi mesin diesel bertenaga 2.488 cc dari Duratorq TDCi yang dilengkapi pula dengan turbocharger. Mesin tersebut telah dilengkapi dengan teknologi EFI (electric fuel injection) guna memperoleh hasil pembakaran yang lebih sempurna.

Write a comment