Jual Airsoft Gun



January 2017
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Recent Posts

Moge Yamaha FZ1 Andalan Paspampres

Untitled-1Paspampres (pasukan pengamanan presiden) selain menggunakan kendaraan besar semacam tank, tentu juga memiliki kendaraan beroda dua. Pada HUT TNI yang ke-70 tahun 2015 lalu, kendaraan roda dua tersebut menjadi pembuka acara konvoi defile alutsista. Karena merupakan hal yang belum pernah terjadi sebelunya, tak ayal kendaraan roda dua itu pun menyita banyak perhatian publik.

Dari tampilannya, konfigurasi moge (motor gede) berpadu dengan personel yang berpakaian serba hitam memberikan kesan gagah dan sangar. Apa kira-kira model moge yang dipilih oleh Paspampres? Ternyata, motor yang digunakan adalah Yamaha FZ1, jenis khusus untuk mengawal orang-orang VVIP.

Meskipun difungsikan secara khusus, kendaraan bermotor ini tidak dilengkapi dengan persenjataan. Jika ingin membawa kelengkapan senjata, maka pasukan yang duduk di belkaang harus siap dengan memgang senjata. Seperti yang terlihat pada beberapa foto ketika Paspampres beroperasi, pembonceng membawa submachine gun tipe MP5 produksi manufaktur H&K. Adanya senapan berkaliber 9 mm itu juga dilengkapi dengan sepucuk pistol yang diletakkan di pinggang.

Membahas lebih detail tentang Yamaha FZ1, motor sport yang satu itu disokong oleh mesin berkapasitas 998 cc dengan 20 katup, 4 silinder segaris, dan liquid-cooled. Transmisinya manual dengan 6 percepatan. Dan ada digital TCI (transistor controlled ignition) yang digunakan untuk pengapian. Dengan semua spesifikasi tersebut, Yamaha FZ1 pun mampu melaju dengan tenaga 150 dk dengan torsi maksimal 106 Nm. Untuk bahan bakar, hanya diperlukan kurang dari 7 liter untuk menempuh jarak 100 kilometer.

Meskipun nampak masih baru, kehadirannya bukan terhitung baru lagi. Moge Yamaha FZ1 telah ada di Indonesia sejak tahun 2010. Itu artinya, sejak kepemimpinan Presiden SBY, motor tersebut telah digunakan.

Jika dirunut lebih dalam dari masa perintisannya, motor jenis ini telah diproduksi sejak tahun 2001 lalu. Awal kemunculannya di Eropa dengan generasi pertama yang disebut FZS1000 Frazer. Ciri khasnya adalah rangka dengan model tubular dan terbuat dari bahan besi.

Generasi selanjutnya muncul lima tahun kemudian. Untuk generasi 2006 tersebut hadir dengan model, mesin, dan sasis baru. Selain itu, generasi keduanya juga telah ada tambahan catalytic converter. Dan itulah yang juga dimiliki Indonesia, tipe FZ1. Meski beberapa bagian juga masih sama dengan generasi yang pertama.

Bahan yang digunakan untuk Yamaha FZ1 tidak lagi besi, tetapi telah diubah menggunakan materi aluminium. Untuk mesinnya, yang generasi kedua tampil dengan bobot crankshaft lebih berat dengan perbaikan keseimbangan dengan mengganti injeksi menjadi karburator.

Write a comment