Jual Airsoft Gun



January 2017
M T W T F S S
« Dec    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Recent Posts

Tank APC Amfibi yang Masih Saja Berstatus Prototipe

15672572_1317018255022105_8284396797551496902_nSejak pagelaran Indo Defence tahun 2012 lalu, ada satu tank APC (armoured personnel carrier) yang hingga tahun ini masih saja tidak berganti status dari prototipe menjadi alutsista. Tank APC tersebut adalah besutan dari Dislitbangal (Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AL).

Secara fisik, kendaraan tempur tersebut sebenarnya cukup garang hingga mampu menyita perhatian. Modelnya yang masif dengan roda rantai juga menjadi nilai tambahan. Meski sering dikutkan pada sesi latihan tempur, kendaraan ini tetap saja tak beranjak stautusnya padahal ada kesempatan untuk itu.

Jika disetujui sebagai alutsista, prototipe APC yang memiliki kemampuan amfibi tersebut seharusnya ada pada Korps Marinir TNI Angkatan Laut, terutama untuk membantu operasional pasukan kavaleri.

Dibalik segala ‘kegagalan’ pengubahan status tersebut, ada kabar baik yang terjadi pada hari Rabu, 14 Desember minggu lalu. Bertempat di Surabaya, tepatnya di Dermaga Ujung, telah berlangsung uji fungsi prototipe tank APC tersebut yang dilakukan oleh Satfib (Satuan Kapal Amfibi). Dan yang menarik adalah keberadaan Laksamana Muda TNI Darwanto selaku Panglima Komando Armada RI yang menyaksikan. Selain itu, ada pula pihak Balitbang Kementerian Pertahanan yang juga turut menjadikan pemandangan uji fungsi tersebut berbeda.

Kegiatan yang dilakukan pada uji fungsi tersebut adalah uji pergerakan yang dilakukan dari berenang biasa hingga beralih dari permukaan air ke darat dan sebaliknya. Area yang digunakan untuk uji fungsi pun hanya di sekitar dermaga.

Ada perbedaan antara wujud prototipe ini pada tahun 2012 dengan wujud yang sekarang. Perbedaan itu ada pada balutan warna dan plat baja yang dipasang pada sisi body. Warna yang tampak pada wujud terbaru adalah hijau tua yag membuatnya lebih garang. Sementara untuk plat bajanya kini tak bergelombang padahal di Indo Defence 2012 tampak model platnya bergelombang.

Meski dibesut oleh Dislitbangal, namun sejatinya tak hanya pihak TNI AL yang bekerja untuk mencipta tank APC amfibi tersebut. Ada PT Wirajayadi Bahari, salah satu manufaktur swasta yang menjadi mitra produksi.

Pembuatan tank APC tersebut menggunakan sasis dari KAPA (kendaraan amfibi pengangkut artileri) yang berjenis K-61. Memang secara garis besar tak terlalu nampak ada jejak K-61 di tank APC yang masih prototipe tersebut. Hanya saja, jika diperhatikan lebih detail, model roda rantainya masih sangat khas ala tank besutan Uni Soviet, utamanya BTR-50P.

Jika dikira-kira, bisa jadi cangkokan sasis dari kendaraan tempur lain lah yang menjadi alasan lamanya proses pengubahan status dari prototipe menjadi alutsista. Pasalnya, diperlukan evaluasi mendalam hingga tank amfibi tersebut layak untuk dioperasikan oleh TNI Angkatan Laut.

Dari sisi kemampuan, tank APC tersebut mampu melaju dengan kecepatan 60 kilometer per jam di jalanan darat mulus. Dan untuk medan offroad, kecepatan maksimalnya menjadi 35 kilometer per jam. Sementara itu, ketika berada di air, kecepatan lajunya menjadi 14 kilometer per jam.

Write a comment