Jual Airsoft Gun



January 2017
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Recent Posts

Rantis Amfibi Aligator Master 4WD

untitled-1Beberapa bulan yang lalu, Korps Marinir TNI Angkatan Laut melaksanakan uji coba penembakan MLRS (multi launch rocket system)  uji coba MLRS RM70 Vampir tersebut melibatkan beberapa kendaraan taktis yang mencuri perhatian publik. Ada truk Tatra T815-7, rantis Tatrapan, dan rantis Aligator. Rantis yang disebut terakhir ini akan menjadi fokus pada pembahasan sekarang.

Aligator berpenggerak 4×4 merupakan rantis amfibi yang sangat mendukung keberadaan MLRS RM70 Vampir. Perannya adalah sebagai artillery movable observation post sehingga sangat lekat dengan MLRS RM70. Selain peran tersebut, ada pula jenis rantis Aligator yang berperan sebagai fire observation.

Kendaraan taktis Aligator tersebut datang dari manufaktur Kerametal yang berlokasi di Slovakia. Penampakannya kali pertama adalah pada tahun 2010 pada ajang IDEB Defence Exhibition di negaranya sendiri sebelum mulai diekspor ke negara lain.

Rantis Aligator perannya sama dengan rantis Komodo yang diproduksi PT Pindad dan setara juga dengan rantis P2 Commando yang merupakan produksi dari PT Sentra Surya Ekajaya. Keduanya merupakan rantis ringan berlapis baja. Bobotnya dicipta seringan mungkin dan kemampuan manuvernya dibuat setinggi mungkin. Selain itu, level ketahanannya juga tinggi dengan adanya kapabilitas amfibi.

Kemampuan setara itu pun membuat rantis Aligator sangat ideal digunakan untuk menjalankan misi taktis seperti weapon station, command, reconnaissance, surveillance, bahkan dapat diandalkan pula untuk misi kepolisian. Untuk mendukung beragam peran itu pun manufaktur Kerametal menciptakan rantis Aligator hingga tujuh varian.

Untuk varian standar, senjata yang melengkapinya adalah senapan mesin berkaliber 12,7 mm dengan RCWS (remote control weapon system). Ketahanannya terhadap ledakan disokong oleh high level ballistoc protection yang mampu mengantisipasi dampak ledakan ranjau.

Meski telah dilapisi dengan baja, untuk peningkatan proteksi, rantis ini juga dapat ditambahkan lapisan proteksi add on berstandar STANAG level III. Sebagai penyempurna, desain kolong rantis dibuat dengan model yang mampu meredam efek ledakan, yakni model v-shape dengan unique modular detachable.

Mesin yang menyokongnya adalah mesin diesel dengan emapt silinder, Cummins turbo cooled. Transmisinya otomatis dengan enam percepatan. Dengan dukungan roda ban run flat system, kecepatan maksimum rantis ini mampu hingga 130 kilometer per jam ketika di darat dengan konsumsi bahan bakar sebanyak 4 liter per kilometernya. Dan jika terisi bahan bakar penuh, Aligator mampu menjelajah sejauh 600 kimoeter.

Guna memaksimalkan peran amfibinya, rantis Aligator memerlukan instalasi propeller sebagai amphibious kit. Setelah terpasang, maka rantis dengan panjang 4,34 meter dan lebar 2,39 meter ini akan mampu melaju di permukaan air dengan kecepatan 5,5 kilometer per jam

Write a comment