Jual Airsoft Gun



December 2016
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Recent Posts

PT DI Terima 3 Unit Helikopter AS565 MBe Panther

untitled-1Pada tanggal 22 November lalu, telah berlangsung penyerahan helikopter AS565 dari Airbus Helicopter kepada Kemhan (Kementerian Pertahanan) RI. Helikopter berjenis AKS (anti kapal selam) tersebut berjumlah tiga unit dan penyerahannya dilakukan langsung di Marignane, Perancis.

Helikopter AS56 MBe Panther tersebut dipesan sebanyak sebelas unit yang akan diperuntukkan bagi Puspenerbal Skadron 100 TNI Angkatan Laut. Kedatangannya akan menjadi angin segar bagi armada tersebut karena telah lama kehadiran helikopter AKS ditunggu-tunggu untu memperkuat kapal perang TNI AL dalam sistem senjata Armada Terpadu.

Meskipun jumlah total pesanan ada 11, baru ada 3 unit yang akan dikirimkan ke Indonesia. Sisa unitnya akan dikirimkan pada gelombang selanjutnya. Tiga unit pertama tersebut adalah hasil yang diperoleh sejak penandatanganan kontrak pada tahun 2014 lalu. Kontrak itu pun disepakati bertepatan dengan diadakannya Indo Defence 2014. Ada  ToT (transfer of technology) pada kerjasama antara PT Dirgantara Indoenesia dengan Airbus Helicopters tersebut.

Karena bersifat kerjasama, pihak PT Dirgantara Indonesai pun tidak hanya menerima helikopter dalam keadaan siap pakai. Masih ada garapan yang harus diselesaikan. Dan itu tidak hanya sebatas agenda perakitan ulang. PT DI diberikan peran cukup besar untuk menentukan desain sistem ASW suit (anti-submarine warfare).

Perangkat yang akan ditambahkan untuk mendukung perannya sebagai helikopter AKS adaalh L-3 Ocean Systems DS-100 HELRAS (Helicopter Long-Range Active Sonar). Perangkat tersebut merupakan perangkat integrasi. Dan tak hanya itu, sistem peluncur torpedo juga terpilih untuk turut melengkapi perannya untuk menghancurkan target kapal selam.

Jenis torpedo yang akan diluncurkan dari sistem tersebut ada dua, yaitu torpedo Whitehead A244/S dan Raytheon MK46. Keduanya pun telah lama bertengger menjadi milik TNI AL.

Bicara lebih lanjut tentnag perannya, meskipun memang desain utamanya sebagai helikopter anti kapal selam, sebenranyt AS565 ini basisnya adlaah helikopter multirole. Oleh karena itu, integrasiny abersifat modular.

Peran lainnya antara lain sebagai intai maritim, misi SAR (search and rescue), evakuasi medis, dan eksternal kargo. Denagn multi peran itu pun konfigurasinya disesuaikan mudal diubah dari helikopter tempur menjadi helikopter non-combat roles.

Teknologi HELRAS yang dipilih merupakan standar untuk platform AKS di beberapa negara NATO. Kemampuannya dapat maksimal pada area laut yang dalam ataupun dangkal. Frekuensinya rendah namun resolusi sistem doppler-nya tinggi sehingga mampu mendeteksi kapal selam yang berada cukup jauh.

Write a comment